Iklan

Siapa Ketua Komisi Perlindungan Blogger Indonesia?

hana anisa.png

Blogger di era milenal udah jadi kayak profesi baru, thanks to Google AdSense yang buka lapangan bola pekerjaan. Tapi menghasilkan uang dari blog nggak cuma lewat adsense.

Ada banyak cara misalnya, mining Bitcoin, nyebar shortlink, nyepam lewat iklan popunder, buka lapak iklan, jadi jasa review, nyediain slot banner buat yang mau ngiklan di blog dan lain-lain.

Tentunya semua harus ditanggung sendiri resiko kayak penghapusan blog kalau pakai platform blogger. Gua sendiri udah kena dua kali blog dihapus, pertama blog gado-gado, sialnya waktu itu banyak link film yang ternyata nongol di pejwan (halaman satu google) jadi gampang kena takedown.

Lebih sialnya lagi film itu merupakan film luar negeri yang jelas gampang kena tilang.

Blog kedua, dihapus ama sistem blogger otomatis, dianggap spam. Kan tai, kata Blogger Team, blog gua terindikasi nyepam, nggak tau nyepam dimana tapi waktu itu emang gua pasang lima iklan sekaligus macem Adloft, PopCash, RevenueHits, PopAds, Mobicow, Poptm, dll dll..

Mungkin gara-gara saking banyaknya iklan begituan jadi dianggap spam, ada tombol banding juga kaga berguna, toh akhirnya dibanned permanen, kambving.

Tapi positifnya, gua jadi dapat laptop baru, hape baru, teman baru, dari kurang lebih lima tahun main blog.

Lima tahun ngeblog? Iya, dari 2012 itu gua punya blog tapi gua nggak paham soal SEO SEO an, bisnis online pun masih gua anggap hoax waktu itu, blog paling pertama gua itu isinya cuma curhatan, fanfict-fanfict bikinan.

Jatuh bangun gua ngeblog, sempat vakum beberapa bulan karena frustasi, dua blog kesayangan gua dihapus, sekarang gua nurut aja dah ama peraturan kebijakan Blogger dot com,

.. toh cepat atau lambat semua blog yang berplatform blogger.com pasti bakal digusur tim Google.

Terus tahun 2015 gua mulai paham belajar seo dikit-dikit, dan akhirnya ilmu baru terus diserap setiap hari, ini juga jadi salah satu poin positif ngeblog, jadi belajar HTML CSS secara nggak langsung.

Gua sih kalo ada yang error di HTML cuma bisa nebak-nebak doang benerinnya, bisa ya syukur, nggak ya bodo amat tinggal format ulang, terus upload hasil backup.

Ini adalah contoh postingan click bait, judul ama isi kaga sesuai sama sekali. Siapa Ketua Komisi Perlindungan Blogger Indonesia?

1 Response to "Siapa Ketua Komisi Perlindungan Blogger Indonesia?"